Mudik LEBARAN

Kapan Mudik LEBARAN?
Sebuah tanda tanya yang jadi pertanyaan,yang ditanyakan banyak orang pada perantau khusus'nya,baik dengan teman seperantauan maupun teman dikampungnya/kerabat keluarga saudaranya dsb.
Bahkan tidak usah ditanyakan pada seseorang perantau'malah terkadang bertanya pada diri sendiri mau mudik kapan ya(?).

Karena mudik/mulih dilik singkatan jawa'nya(katanya)yang artinya pulang sebentar merupakan suatu tradisi tahunan ketika menjelang lebaran khususnya di'indonesia yang mayoritas umat muslim untuk merayakan hari Raya Idul Fitri.

Bagi yang sudah lama merantau serta rindu kampung halaman serta sudah menyiapkan berbagai bekal'nya untuk pulang kampung tentunya jadi moment yang sangat membahagiakan.

Namun bagi yang belum siap bekal untuk mudik,kadang jadi beban juga untuk pulang kekampung halamanya dengan berbagai alasan,alasan karena suatu keadaan yang belum memungkinkan baik dari segi keuangan dsb.

Akhirnya ternyata tidak semua orang bisa mudik'dan biasanya hanya bisa merayakan lebaran diperantauan(dengan kadang bathin dalam tangisan)itulah biasanya perjuangan dalam perantauan,ingin berlebaran sama keluarga tapi keadaan tidak bisa.

Boleh juga bukan alasan karena keuangan,tapi karena jauhnya keadaan diperantauan yang dalam ikatan suatu profesi juga dsb,karena tugas suatu pekerjaan terutama yang bertugas untuk negara dsb.

Namun apapun alasanya,pasti semuanya ada rasa ingin berjumpa dengan keluarga dimoment hari raya yang bahagia.

Hanya saja suatu keadaan tak memungkinkan untuk bisa berlebaran dikamupung halaman dengan berbagai sebab'nya.

Maka itu beruntunglah seorang perantau yang bisa mudik,jadi bisa berkumpul sama keluarga baik dalam sukacita maupun duka dsb.

Dan apapun alasanya yang penting semoga ketika lebaran saling berkomunikasi,berma'af-maaf'fan tentunya dari sesuatu yang mungkin jadi suatu kesalahan baik lahir maupun bathin

Sehingga lebaran bisa dirasakan kebahagiaan lahir bathin juga,walau tak bersama yang penting saling memaafkan dan saling mendo'akan.

Dengan demikian mudik/gak mudik lebaran'tetap semangat wahai semua saudara/kawan,tetap harus bisa merasakan rasa bahagia sebagai untuk keberhasilan jiwa yang harus selalu bahagia tanpa mengenal suasana.

Dan yang mau mudik,udah beli tiket belum?buat sekalian arus balik nanti?biar gak ngantri dan gak kehabisan tiketnya?Beli lewat sini ya,ntar tapi nunggu yang ngiklan...kok ngantri juga'.

No comments: