BERKAH SALING MENYAMPAIKAN

Perlu pentingnya untuk saling menyampaikan,apalagi menyampaikan sesuatu yang jadi ilmu buat pengarah kemudahan dalam kehidupan,karena segala sesuatu memang ada ilmu'nya,agar tak susah maupun salah dalam memperoleh maupun mempelajari sesuatu,semisal susah meraih sesuatu baik itu berupa pekerjaan maupun cinta/cita-citanya dsb,maupun melakukan ketaatan yang sia-sia karena tak tau ilmunya.

Tentunya kita juga tak ingin gagal mendidik anak,bahkan gagal sendiri jadi anak yang baik bagi orang tuanya,karena tak tau ilmu dalam hidupnya.

Maka itu dalam agama mencari ilmu dan menyampaikanya itu jadi suatu kewajiban,mengingat perlu pentingnya ilmu dalam kehidupan,untuk mengarahkan dan memudahkan,serta mengetahui mana yang diperintahkan dan yang dilarang dalam agama.

Allah Swt berfirman:
"Dan hendaklah ada diantara kalian sebuah umat yang menyeru kepada kebaikan,menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar,merekalah orang-orang yang beruntung"(Qs:Ali Imron:104).

Jadi menyampaikan kebaikan adalah jadi suatu ilmu yang wajib disampaikan,untuk jadi suatu arahan menuju kebaikan agar kita jadi seseorang yang juga selalu ditolong oleh Allah Swt dalam setiap hal dan dijadikan seseorang yang bisa beruntung dunia akhirat'.

Rasulullah Saw bersabda:
"Sesungguhnya Allah,malaikat'NYA,serta ahli langit dan bumi hingga semut yang ada didalam liang sampai kepada jenis ikan,semuanya pasti mendo'akan kepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia"
(HR.At-Tirmdzi)

Jadi kalau dikajikan bahwa Allah Swt meridhoi seseorang yang menyampaikan ilmu,dan didoakan oleh semua makhluk lainya.

Dalam hadist lain Rasulullah Saw bersabda:
"Barangsiapa yang menyebarkan 1(satu)ilmu dariku(kepada orang lain)maka Allah akan memberikan kepadanya 10(sepuluh)ilmu yang belum diketahuinya"
(HR.Baihaqi)

Jadi seseorang yang mau menyampaikan ilmu untuk kebaikan orang lain,tentunya ilmu yang terkaji dan tidak menyalahi dalam menyampaikanya,akan diberi balasan dengan dibukakan pintu pengetahuan,untuk mengetahui ilmu hikmah lainya, dengan sendirinya yang tanpa bisa diketahui sebelumnya sebanyak sepuluh kalilipat dari ilmu yang disampaikan.

Dengan demikian menyampaikan ilmu ternyata juga jadi sedekah,yaitu sedekah ilmu yang hakekatnya menambah,yaitu menambah pengetahuan dengan ilmu lainya.

Rasulullah Saw bersabda:
"Sedekah yang paling utama adalah orang islam yang belajar suatu ilmu,kemudian ia ajarkan ilmu itu kepada saudaranya muslim"(HR.Ibnu Majah).

Jadi juga kalau ada seseorang yang menyampaikan ilmu yang manfaat,baik lewat media lembaran kertas/buku dsb,termasuk seseorang yang sedang melakukan amalan sedekah yang utama kepada sesama lainya.

Maka itu jika ada yang menyampaikan dimedia sosial selagi ilmunya manfaat dan tidak mengandung unsur provokasi ya bisa dibagikan penyampaianya,jika melalui ucapan langsung ya disikapi dengan menghormati,jika lewat lembaran media brosur/buletin/buku dsb,ya didukung dengan partisipasi semampunya,dengan demikian yang disampaikan sama saja dapat pahala seperti yang menyampaikanya.

Dan bahkan jadi pahala kebaikan yang bercabang,yang sampai kita meninggal masih dapat pahalanya,seperti yang Rasulullah Saw sabdakan.

"Pahala akan terus mengalir kepada orang yang menyampaikan ilmu,kepada orang lain lalu diamalkan,meskipun ia telah wafat"(HR.Tirmidzi).

Jadi marilah kita menyampaikan sesuatu yang jadi ilmu,untuk kebaikan sesama lainya,sebisa yang kita tau mengingat banyaknya keutama'an ketika bisa menyampaikan.

Rasulullah Saw bersabda:
"Sampaikanlah dariku walau satu ayat"
(HR.Bukhari)

Namun tentunya jangan asal menyampaikan ilmu tanpa tau caranya,agar tidak merisaukan serta tidak menyusahkan maupun dengan suatu kekerasan,karena segala ilmu perlu kajianya untuk kemudian disampaikan,termasuk dalam menyampaikan keterangan suatu ayat maupun hadist,yang perlu kajian agar ketika disampaikan bisa dipahami dan dimengerti serta tidak menyalahi ketika dijalani,sehingga jadi sebuah ilmu yang bermanfaat dunia akhirat'.

Dengan demikian kajian ini dapat disimpulkan,bahwa begitu besarnya efek ilmu untuk kemanfaatan lahir bathin,yang bisa dirasakan didunia maupun diakhirat,dan berikut adalah kajian diantara banyaknya berkah khasiat manfaat kebaikanya dari sebab menyampaikan ilmu,berdasarkan kajian beberapa dalil diantaranya adalah sbb:

1.Diridhoi Allah Swt,dan diberi petunjuk untuk bisa mengetahui ilmu hikmah yang belum diketahui sebelumnya.

2.Diberi keberkahan dalam berfikir, dengan dicerdaskan untuk mudah memahami dengan sendirinya pada sesuatu hal yang sedang dipelajarinya,jadi kadang walau mempelajari sekedarnya bisa langsung memahaminya.

3.Menambah bijak akal'nya yang jadi lebih dewasa dibanding mudanya usia dalam berfikirnya(usia muda tapi dewasa dan bijak dalam berfikir)

4.Tidak mudah tergesa dalam memutuskan/memilih sesuatu melainkan dengan pertimbangan untuk kebaikanya yang mengekang ego nafsunya dengan pada suatu pilihan tertentu.

5.Mudah dapat petunjuk kemudahan dalam menghadapi sesuatu yang jadi kesulitanya,karena balasan menyampaikan ilmu untuk kemudahan pada sesamanya.

6.Didoakan para malaikat dan makhluk lainya yang membuat Allah Ridho kepadanya,karena menunjukan kebaikan dari sesuatu yang dipelajarinya untuk disampaikan pada sesama.

Dan masih banyak kebaikan lainya dari berkahnya saling menyampaikan sesuatu yang jadi kebaikan,sebaliknya yang menghiraukan dan menyepelekan maka tentunya akan terasa susah terus dalam kehidupanya,karena menyepelekan sesuatu yang jadi penunjuk arah kemudahan yang berdampak keberkahan.

Maka itu bagi siapapun saudara yang tau kebaikan,maka sampaikanlah dan dukunglah,maka tentunya akan jadi jalan perantara kemudahan dalam sesuatu yang jadi kesulitanya.

Dan marilah bagi siapapun saudara yang mau bergabung bersyiar bersama,Insya Allah pastinya akan jadi ikhtiar yang berkah karena dibarengi syiar menyampaikan sesuatu yang jadi kebaikan.

(Ditujukan kepada siapapun saudara,bahwa kami buletin syiar mencari partner sponsor yang bisa kami pasangkan pengenalan produknya dilembaran buletin/maupun dibuku yang kami bagikan edarkan diberbagai beberapa kota,jika ingin berkah dan jadi sebab lancarnya,karena mendukung penyampaian sesuatu yang jadi kebaikan)

MARI KENALKAN PRODUK ANDA LEWAT MEDIA INI KARENA DISAMPAIKAN LANGSUNG LEWAT MEDIA LEMBARAN YANG LANGSUNG TERBACA
(Dengan demikian artinya berikhtiar sambil bersyiar,berusaha sambil berdakwah karena jadi suatu kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan)

Dan bagi siapapun saudara yang mau berpartisipasi,baik dengan berdonasi lewat paypal/untuk pengadaan lembar buletin untuk disebarkan dimasjid dsb,bisa disampaikan melalui email:
buletinsyiar@gmail.com

(Adapun materi yang disampaikan dilembar buletin/buku yang diedarkan adalah dari materi kajian diblog ini,maupun materi lainya menurut menyesuaikan permintaan yang ingin dikajikan untuk disampaikan)

"Ya Allah semoga Engkau meridhoi kami yang saling mendukung dan menyampaikan sesuatu yang jadi kebaikan,dengan diberi keluasan rejeki yang berlimpah ruah lagi penuh berkah,dihilangkan segala yang jadi susah,disembuhkan dari segala yang jadi penyakit,dilunaskan yang jadi beban hutangnya,dibahagiakan selalu dalam menjalankan kehidupan dengan segala cara,dan semua jalan terbaik yang Engkau kehendaki dan Ridhoi dunia akhirat''Aamiin.

No comments: