TENTANG BULAN RAMADHAN

Marhaban Ya Ramadhan
Selamat Datang Bulan Ramadhan
Bulan dimana umat islam diwajibkan untuk berpuasa.
Karena Puasa Ramadhan adalah bagian dari rukun Islam yang ke'empat.

Dan dalam Alqur'an Allah SWT'berfirman:
"Hai orang-orang yang ber'iman,diwajibkan atas kamu berpuasa,sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa"(Alba'qarah:183).

Dan banyak cara yang dilakukan umat islam dalam menyambut'nya,diantaranya dengan berbagi ucapan dan doa.

Sebagai ucapan dan harapan untuk memper'erat tali silaturahmi dalam persahabatan dan persaudaraan,yang baiknya juga diawali dengan saling memafkan.

Semoga bisa menyambut dengan penuh suka dan cita,sebagai kesiapan hati untuk mendekatkan diri pada'NYA.

Selamat Datang Bulan Ramadhan
Bulan untuk berbenah diri,untuk mensucikan hati agar kuat diri dalam segala coba'an dan goda'an.

Selamat datang Ramadhan bulan penuh ampunan,penuh ganjaran,penuh berkah,penuh rahmat.

Semoga kita bisa dikehendaki untuk bisa banyak membaca Alqu'an karena banyak ganjaran untuk memperoleh ampunan.

Bisa banyak bersholawat dibulan penuh rahmat,semoga juga kita bisa lebih banyak sedekah dibulan yang penuh berkah.

Beruntunglah seseorang yang bisa menyambutnya dengan hati yang gembira sehingga akan membuatnya bahagia'terlepas dari apapun segala problema dalam kehidupanya.

Karena kehidupan tak terlepas dari berbagai permasalahan'namun bagi yang benar-benar ber'iman apapun sebuah permasalahanya tak bisa menghalangi jiwanya untuk bisa selalu merasa bahagia.

Itulah hakekat makna istiqomah sebenarnya,bisa merasakan kebahagiaan jiwa tanpa mengenal suatu keadaanya.

Semoga kita bisa demikian yang tentunya memang harus diusahakan sebisa mungkin pada diri kita,apalagi dalam bulan yang mulia ini.

Bulan dimana dosa'pun diampuni dan do'apun diterima,bagi yang meng'imani dan menjalani dengan penuh kesungguhan dalam mengharap ampunan serta permohonan do'anya.

Bulan dimana amal ibadah dilipatgandakan dan bulan yang didalamnya ada malam yang menjadi malam terbaik daripada seribu bulan yaitu malam Lailatul Qodar,yang jadi sebuah keberuntungan seorang hamba jika bisa mendapatkan malam tersebut,dengan demikian akan diampuni segala yang jadi dosa'dipenuhi segala yang dibutuhkanya dan dimuliakan dikehidupan selanjutanya dengan jalan kemudahan serta keberkahan dalam menjalankan kehidupan.

Semoga kita bisa mendapatkan dimulai dengan niat untuk bisa memuliakan sebaik mungkin didalamnya.

Karena siapapun yang akan memuliakan bulan Ramadhan'sehingga dikehendaki bisa bermalam dengan Lailatul'Qodar tentunya akan dimuliakan dengan dimudahkan segala urusan kehidupanya sampai Ramadhan berikut'nya,maka itu semoga kita bisa berusaha sebisa mungkin memuliakan dengan menambah banyak amal kebaikan didalamnya.

Manusia tak terlepas dari segala dosa baik yang khilaf maupun yang sengaja'namun semoga segala kekhilafan dan kesengajaan dalam dosa tidak terjadi didalam bulan suci ini,sehingga jadi tiket kemudahan dan keberkahan dalam melanjutkan kehidupan.

Bulan Ramadhan
Bulan dimana umat islam diwajibkan berpuasa untuk tidak hanya menahan diri dari segala makanan dan minuman/lapar hausnya serta hawa nafsunya,juga diharuskan menahan dari hal-hal yang negatif lainya seperti menggunjing,mencela,dan pertengkaran didalamnya dsb.

Dan tentunya akan terasa ringan dijalankan bagi yang ber'iman,sebaliknya akan terasa jadi beban berat bagi yang sudah terbiasa meninggalkan kewajiban.

Padahal dari segi medis puasa juga merupakan sebuah terapi diri yang ber'efek baik buat kesehatanya,sebagai selang jenak istirahat pencerna'an organ tubuh manusia yang sudah terkaji dan terbukti juga di'ilmu kedokteran.

Maka itu Islam mewajibkan berpuasa,bahkan semenjak Nabi Adam ada sebagai manusia pertama sampai manusia akhir zaman,termasuk kita demi untuk kebaikanya juga.

Kecuali beberapa golongan yang tidak dianjurkan untuk melaksanakanya yaitu diantaranya adalah sbb:
-Anak kecil(belum baligh)
-Orang Stress/hilang akal
-Orang sakit
-Orang tua yang sudah tidak mampu
-Wanita yang haid dan hal-hal yang tidak memungkinkan lainya dalam suatu keadaan tertentu dsb.

Meskipun dari diantaranya diwajibkan juga untuk menggantinya sebanyak hari yang ditinggalkanya.

Bagi kita/siapapun yang mau menjalankanya semoga bisa lancar dalam terjaga juga kesehatanya.

Dan semoga kita dikehendaki untuk bisa dijauhkan dari apa yang jadi dosa,dan bisa menjalankan apa yang jadi  sunah'nya serta apa yang jadi wajibnya dan segala sesuatu yang jadi kebaikanya dalam menjalankan ibadah puasa.

Agar juga semoga diampuni segala dosa,diberi pertolongan serta petunjuk dan keberkahan dalam menjalankan kehidupan dari segala jalan dan semua cara terbaik yang Allah kehendaki dan Ridhoi'dunia akhirat'Aamiin.

No comments: