BULAN SYA'BAN DAN KEISTIMEWAANYA

Bulan Sya'ban bulan diantara bulan Rajab dan bulan Ramadhan,yang juga memiliki banyak keutama'an dan keistimewa'an serta juga jadi bulan yang di'agungkan dalam Islam.

Rasulullah Saw bersabda:
"Bulan Rajab itu bulan Allah,bulan Sya'ban adalah bulanku dan bulan Ramadhan adalah bulanya orangku"

Jadi antara tiga bulan tersebut tentunya memiliki keistimewaan tersendiri dari bulan'lainya,yang dimana jika kita bisa menyikapi,menjalani sebaik mungkin tentunya ada efek positif buat dalam kehidupan yang kita jalani ini,entah itu dalam hal apa saja tentu mungkinya.

Didalam bulan Sya'ban juga jadi bulan dimana amal-amal perbuatan kita diangkat untuk dihadapkan kepada Allah Swt.

(Hal demikian berdasarkan keterangan sebuah hadist riwayat An Nasai dan Abu Dawud yang ditashih oleh Ibnu Huzaimh dari Usamah bin Zaid)

Adapun seperti bulan-bulan lainya maka dibulan Sya'ban ini juga memiliki suatu kesitimewaan tersendiri'yaitu adanya sebuah malam yang disebut malam Nis'fu Sya'ban,dimana dimalam tersebut jadi malam yang juga do'a-do'a terkabulkan bagi yang mau bermunajat dan banyak ber'amal sholeh didalamnya.

Imam Al-Ghazali meng'istilahkan tentang Nisfu Sya'ban sebagai malam yang penuh syafaat(pertolongan),menurutnya pada malam 13 dibulan Sya'ban Allah Swt memberikan tiga syafaat pada hamba-hamba'nya,dan sedangkan pada malam ke 14'nya syafaat itu diberikan secara penuh,yang kemudian pada malam ke 15'nya catatan amalan manusia dinaikan dihadapkan kepada Sang Pencipta Allah Swt sebagai catatan selama satu tahun'nya.

Dan tentunya yang lebih dikehendaki untuk mendapatkan serta bisa ber'amal ibadah dengan baik didalamnya adalah yang punya niat,apalagi jika diniatkan dari awalnya sampai ujung akhir bulanya,yang juga sebagai pelatih diri dalam menghadapi bulan mulia berikutnya,yaitu bulan puasa/bulan suci.

Karena yang lebih bisa menjalani bulan puasa/bulan Ramadhan berikutnya,adalah tentunya yang lebih baik menyiapkan diri dari sebelum datangnya,yaitu dengan persiapan yang dimulai dari bulan Sya'ban juga.

Semoga saja kita punya niat dan tekad kuat untuk bisa menghormati bulan Sya'ban,agar dikehendaki untuk bisa menjalani sebaik mungkin dengan amalan pada kehidupan kita ini,dibulan Sya'ban yang terkandung keistimewa'an,untuk kemudian semoga diberi kemanfaatan dalam sisa umur untuk selalu mengharap petunjuk,pertolongan serta pengampunan'NYA.

Semoga jadi kajian yang walau singkat'semoga bermanfaat'Aamiin.

No comments: