PERLU PENTINGNYA

PERLUNYA MEMBACA BISMILLAH
Hadist Nabi Saw yang diriwayatkan Abu Hurairah menceritakan:
Bahwa Nabi Saw bersabda:"Hai,Abu Hurairah apabila engkau wudhu,bacalah bismilah,karena sesungguhnya malaikat yang menjagamu akan menulis bagimu beberapa kebaikan hingga kamu mandi jinabah,apabila dari jima'itu dapat dihasilkan anak,maka bagimu akan ditulis beberapa kebaikan sejumlah nafas anak itu,dan sejumlah anak keturunan anak yang dilahirkan sampai pada hari kiamat,sehingga tidak ada seorang anakpun dari keturunanya yang tertinggal,hai Abu Hurairah apa,bila kamu hendak menaiki kendaraan,maka bacalah bismillah walhamdulillah,maka dicatat untukmu beberapa kebaikan sejumlah jangkahan,apabila kamu hendak naik perahu,maka bacalah bismillah wal hamdulillah,maka akan ditulis untukmu beberapa kebaikan hingga kamu keluar dari perahu itu".
Itulah diantara banyaknya dalil yang menerangkan akan banyaknya kebaikan dalam membaca'nya bahkan dalam keterangan lain diterangkan bahwa segala sesuatu yang tidak diawali bismilah maka tidak ada rahmat serta keberkahan pada sesuatu yang semestinya harus membacanya,kecuali dalam hal tertentu dsb,yang bisa dikaji lebih dalam mengenainya.
Bacaan bismillah juga sebagai suatu amalan yang banyak khasiat manfaatnya jika diamalkan dengan jumlah hitungan tertentu yang tentunya berdasar petunjuk suatu amalan dari seorang guru hikmah tentunya.
Mudah-mudahan penyampaian singkat tentang perlu pentingnya membaca basmallah bisa jadi pengingat kita untuk bisa membacanya kala memulai suatu aktifitas dll dsb.
PERLUNYA AGAR SUATU UCAPAN ITU DITERIMA
Ucapan dari cara berfikir yang baik,pasti akan diterima sekalipun dari orang yang membencinya,yang hatinya tentu pasti menerima kebenaran dari suatu ucapan tersebut,asal diucap berdasar kebenaranya tidak didasari ego serta hawa nafsunya.
Sebaliknya ucapan yang berdasar hawa nafsunya'mengabaikan kebenaran sesungguhnya dari yang diucap,maka seakan ucapan tersebut tiada bobot wibawanya dan tak akan diterima tentunya walaupun pada anak istrinya'yang mungkin mengiyakan tapi hatinya tetap tak bisa menerimanya karena bukan berdasar dari suatu kebenaran sesungguhnya.
PERLUNYA MENCUKUPI SUATU KEBUTUHAN SERTA PERLUNYA MEMBATASI SUATU KEINGINAN
Kebutuhan adalah sesuatu yang harus wajib diusahakan,karena sifatnya pokok,seperti kebutuhan makan sehari-hari,kebutuhan pendidikan untuk menambah suatu ilmu dsb.
Sebaliknya keinginan adalah sesuatu yang harus dibatasi, berdasar dengan kemampuanya, tanpa memaksakan suatu keadaanya,semisal keinginan  selalu untuk berbelanja untuk beli ini dan itu dsb'padahal sudah punya dan dalam keadaan yang tidak memungkinkanya.
Semoga jadi penyampaian serta kajian yang bermanfaat'Aamiin.

No comments: