NABI IDRIS DAN NASEHATNYA

Diantara Petuah Nasehat Nabi Idris as:
1.Kesabaran yang disertai iman kepada Allah akan membawa kemenangan.
(Kesabaran memang jadi lahan pahala bagi yang mengerti'karena kesabaran sebenarnya gak ada batasnya'yang membatasi adalah terkadang ketidak mampuan seseorang,sabar memang lebih pahit seperti empedu namun buahnya manisnya melebihi madu)
2.Orang yang bahagia adalah orang yang merendah hati dan mengharapkan syafaat dari Tuhan'nya dengan amal-amal sholehnya.
(Artinya tidak bersikap menyombongkan diri melainkan selalu dalam ketawa'duan dan mengerti bahwa sebab bahagianya adalah iman taqwa yang juga jadi syafaat dirinya dari Allah Swt)
3.Bila Engkau memohon sesuatu kepada Allah dan berdo'a,maka ikhlaskanlah niatmu,demikian pula puasa dan sembahyangmu.
(Karena keikhlasan adalah ruh dalam beribadah)
4.Janganlah bersumpah dengan keadaan berdusta dan janganlah menuntut sumpah dari orang yang berdusta'agar kau tidak menyekutui mereka dalam dosa.
(Artinya sumpah tersebut adalah sumpah yang dosa'dan jangan meladeni sumpah tersebut jika tidak ingin terhitung dosa juga)
5.Taatlah kepada raja-rajamu dan tunduklah kepada pembesar-pembesarmu(pemerintah setempat),serta penuhilah mulut-mulutmu dengan ucapan syukur dan puji kepada Allah.
6.Janganlah iri kepada orang yang bernasib mujur karena mereka tidak akan lama menikmati kemujuranya.
(Sifat iri juga menandakan kurang mensyukuri nikmat yang ada pada dirinya)
7.Barangsiapa melampaui kesederhanaan tidak satupun yang akan memuaskanya(harus berusaha sederhana dalam segala hal'agar dipuaskan hatinya sehingga selalu merasa dicukupi dalam hidupnya).
8.Tanpa membahagi-bahagiakan nikmat yang diperoleh seseorang tidak dapat bersyukur kepada Allah atau nikmat-nikmat yang diperolehnya itu.
Itulah diantara nasehat dari Nabi idris as'seorang Nabi keturunan keenam dari Nabi Adam as,yang juga merupakan keturunan pertama yang dikaruniakan kenabian setelah Adam dan Syits,dan wafat dalam usia 82 tahun.
Semoga jadi penyampaian yang bermanfaat'Aamiin. 

No comments: