KEBERKAHAN

Sekelumit kajian tentang keberkahan,semoga jadi kajian yang berkah juga'Amin.
Berkah itu suatu keharusan,karena berkah adalah suatu kebutuhan pokok lahir bathin dalam kehidupan.
Sesuatu yang kurang berkah maka sifatnya adalah selalu dalam kurang'sebab sifat berkah adalah bertambah dan menambah dalam artian jauh dari kurang bahkan berlebihan(lebih dari cukup dari yang dibutuhkan).
Berkah itu adalah buah dari ibadah,maka itu sesuatu yang belum berkah berarti belum sesuai dengan standar yang semestinya harus bernilai ibadah dengan tuntunan dan cara dalam setiap halnya.
Berkah juga tidak tergantung dari sifat keadaan suatu ukuran,baik besar kecilnya maupun banyak sedikitnya,sebab sifat berkah juga suatu keajaiban yang nyata,semisal seseorang yang berpenghasilan besar belum tentu bisa mencukupi kebutuhan hidup baik dirinya maupun keluarganya dari sebab pola hidup sebagai tidak berkahnya,maka tak jarang juga bukanya cukup tapi selalu kurang bahkan selalu mencari hutang/punya beban hutang besar juga.
Sebaliknya seseorang yang bekerja alakadarnya dengan berpenghasilan bisa dibilang pas-pasan malah jauh dari kekurangan,tidak terbelit hutang bahkan bisa punya tabungan'ikarena adanya faktor suatu keberkahan didalamnya.
Jadi keberkahan tidak tergantung dari suatu keadaan baik jumlahnya maupun ukuranya,melainkan sebab dari sesuatu yang dijalaninya apakah sesuai dengan menurut bernilai ibadah tidaknya.
Jadi berkah adalah suatu keharusan yang jadi suatu kewajiban yang memang jadi kebutuhan pokok lahir bathin.
Hidup tanpa keberkahan sama saja menjalankan hidup dalam kesusahpayahan,sebab tidak akan merasa cukup dan tercukupi dengan sesuatu yang diusahakan.
Berpenghasilan tanpa keberkahan'tak akan pernah merasa tercukupi dengan sesuatu yang dihasilkan,berumah tangga tanpa keberkahan tak akan mudah bahagia walau terkadang selalu untuk berusaha saling mengerti dan memahami,berketurunan tanpa keberkahan sama saja menyusahkan diri dan menghancurkan nama baik diri.
Maka itu memang suatu keharusan agar berkah dalam hidup agar bisa bahagia,dan selalu mudah merasa bahagia dalam hidup,karena penghuni surga adalah seseorang yang bisa merasakan bahagia tanpa mengenal suatu keadaanya didunia,tidak ada alasan untuk tidak bahagia(merasakan surga dunia sebelum surga sebelumnya).
Itulah ibadah yang berbuah,ibadah yang sesuai dengan tuntunanya secara agama sehingga sempurna amalanya,dan bisa merasakan buah manisnya.
Jadi keberkahan adalah hakekatnya kebahagiaan,dan kebahagiaan adalah hakekatnya kekayaan sebenarnya.
Semoga kita selalu berusaha untuk bisa berkah dan diberi petunjuk serta pertolongan dalam hidup agar selalu diberi keberkahan'Aamiin. 

No comments: