SHOLAT MALAM DAN BERDZIKIR

A.SHOLAT MALAM
Sholat malam/Qiyamul lail memang jadi suatu amalan yang memang berat dijalankan,apalagi yang sudah mudah meninggalkan kewajiban,sebaliknya bisa terasa ringan dijalankan,yang seakan-akan sudah jadi kebutuhan bagi yang sudah merutinkan,karena seringnya menjalankan yang wajib maupun yang sunah dalam amalan ibadah.
Padahal sholat malam bisa jadi dermaga pelabuhan semua lelah,pengaduan segala kesah,pencerah duka dari luka,dan jadi sebuah tenaga untuk tersenyum ketika menghadapi hidup dalam keadaan apapun.
Buah pelaku sholat malam tak akan nampak gundah dan gelisah,yang nampak adalah senyum yang selalu sumringah'seakan tiada punya beban dalam dirinya,karena kuatnya keyakinanya,bahwa semua pasti kan dicukupkan oleh yang Kuasa,yang pasti dicukupinya karena keikhlasan dalam amal amalan ibadahnya.
Allah Swt dan Rasulnya menganjurkan sholat malam,karena dalam tengah malam itu terdapat simpanan diantara simpanan kebajikan yang akan Allah Swt berikan,kepada siapapun seorang hamba yang mau menegak'kanya.
Dan Sholat malam adalah waktu tepatnya aduan segala hal yang jadi problema'nya,yang juga jadi amalan ibadah yang Allah Swt pasti akan meng'ijabah asal sesuai dengan tuntunan caranya,tapi memang terasa berat untuk menjalankan,kecuali sudah dibiasakan dan selalu diniatkan dengan berusaha untuk menyiapkanya,semoga kita senantiasa bisa berusaha untuk agar bisa menjalankanya'Amin.
B.SHOLATNYA ORANG BERTAUBAT
Termasuk i'tikaf dengan berdiam diri dimasjid dengan melakukan sholat-sholat sunah antara waktu maghrib-isya bagaikan sebuah keutamaan yang tak terbilangkan, dan termasuk sholat amalanya(dari sebuah kajian dalil yang menerangkan).
C.BERDZIKIR
Dzikir memang jadi penunggu jiwa,karena seseorang yang lalai ibarat membiarkan rumah yang tiada berpenghuni,sehingga mudah rusak dan tak akan terawat,tiada ketenangan dalam berfikir,dalam melangkah kedepanya,dalam melakukan hal banyak yang salah karena kurang ter'arah.
Dan berdzikir berarti adalah mengingat Kepada'NYA sehingga segala apa yang dilakukan dalam hidup selalu ter'arah,dan menimbulkan berkah dalam setiap halnya,dan buah berkah adalah rasa bahagia yang hakekatnya kekayaan sebenarnya.
Berdzikir sama saja mensucikan hati,yang sama saja menjaga bathin,karena mensucikan hati adalah ketakwaan bathin.
Karena Hati adalah segumpal daging yang apabila baik maka baiklah seluruh badan,namun apabila rusak maka rusaklah seluruh badan,karena disebabkan juga seringnya dalam kemaksiatan dan seringnya meninggalkan ketaatan.
Dan semoga senantiasa kita bisa berusaha menjaga hati selalu dengan mengingat pada yang Kuasa,dengan selalu berusaha berdzikir,sering membaca Alqur'an serta menghayatinya yang sama saja mengobati hatinya dari kesedihan dan kecemasan pada apa yang sedang dicemaskan.
Memang berat untuk melakukan amalan yang tersebut,jika tak biasa apalagi sering meninggalkan yang wajibnya,jadi yang wajibnya saja tidak bisa dijalankan sepenuhnya apalagi menjalankan yang sunahnya(?)tentunya tiada daya untuk menjalankanya,kecuali belajar dan selalu menjalankan kewajibanya seperti sudah jadi kebutuhanya,jadi pasti akan lebih mudah untuk menjalankan sunah-sunah serta selalu ingin menambah porsi dalam ibadah.
Jadi segala sesuatu memang ada tahapanya,tak bisa dijalankan dengan serta merta'melainkan dengan tahapan sesuai kemampuan dengan ada niat kuat untuk ingin selalu menjalankan, meskipun terkadang dalam suatu ketidakberdayaan untuk menjalankanya,karena kesibukan serta lemahnya iman dsb.
Namun Asal selalu berusaha tak menunda suatu keinginan baik dalam ibadah',serta selalu berusaha menguatkan hati untuk tidak lalai,maka tentunya Insya Allah pasti dikehendaki untuk dalam iman islam yang Allah Ridhoi'Amin.
Tentunya kita saling mengingatkan dan saling mendoakan saja,agar semoga saja kita bisa menjalankan sesuatu yang seharusnya dijalankan'Aamiin.

No comments: