DALAM DOA

PENTINGNYA BERDOA
Karena berdoa adalah meminta'permintaan seorang hamba kepada Sang penciptanya,permintaan yang bermanfaat untuk kebahagiaan dunia akhiratnya dsb,dalam menghadapi menjalani kehidupanya agar juga dijauhkan dari segala marabahaya yang bisa kapan saatnya menimpa seorang hamba dan dengan doalah sebagai wujud permintaan perlindungan pada Sang pengatur kehidupan,dan karena berdoa juga merupakan suatu ibadah.
Dari Ahmad dan Ash-habus Sunan dari Nu'man bin Basyir bahwa Rasulullah saw bersabda:
"Sesungguhnya berdoa itu merupakan suatu ibadah,lalu dibacakan ayat yang artinya:"Berdoalah kamu kepada-KU niscaya KUkabulkan doamu itu,orang-orang yang menyombongkan diri hendak beribadah kepada-KU sungguh mereka itu akan masuk neraka dalam keadaan yang hina dina"
(QS.Al-Mukmin 60).
Jadi seorang hamba yang mengabaikan doa serta tidak meminta pertolongan pada Allah Swt dalam hidupnya,adalah bentuk sebuah kesombongan.
Diriwayatkan oleh Abdur Razak dari Hasan:
"Bahwa para sahabat Rasulullah saw bertanya kepadanya:
Dimana Tuhan kita itu?Maka Allah pun menurunkan ayat yang artinya:'Dan seandainya hamba-hambaku bertanyakan Daku kepadamu,maka sesungguhnya Aku ini Maha dekat,Aku akan mengabulkan permintaan dari orang yang berdoa'jika ia berdoa Kepada'KU".
(QS.Albaqarah :186)
Diriwayatkan oleh Turmudzi dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah ra bahwa Nabi Saw bersabda:
"Tidak satupun yang lebih dihargai oleh Allah daripada doa".
Jadi seharusnya memang kita jangan berputus asa dalam doa, karena setiap doa itu dikabulkan diharhgai oleh Allah,meskipun menurutnya kita belum tetapi doanya padahal sudah untuk menebus dosanya terlebih dulu.
Maka itu semoga kita selalu memanjatkan doa,karena ketika sudah tertebus dosa tinggalah apa yang didoa terijabah buat kebaikan kebahagiaan kita dalam meminta lewat sebuah doa'Amin.
Diterima dari Aisyah ra bahwa Rasulullah saw bersabda:
"Tidak mempan sikap berhati-hati terhadap takdir,sedang doa itu akan memberi manfaat,baik terhadap hal-hal yang telah terjadi maupun yang belum terjadi'Dan sungguh bala atau malapetaka itu turun,lalu disambut doa,maka bergulatlah keduanya sampai hari kiamat".
Jadi doa juga jadi penolak bala malapetaka juga,yang denganya agar selalu dalam perlindungan Allah Swt'Amin.
Dan berdoa itu bermanfaat baik pada takdir yang sudah terjadi maupun kebaikan takdir yang belum terjadi'yang jadi penyikapan yang bernilai ibadah juga.
 Rasulullah bersabda :
"Doa itu bermanfaat baik untuk sesuatu yang sudah turun atau yang belum turun".
                       (HR.Hakim)
Yang kurang lebih pengertianya adalah dengan doanya kita diharuskan mensyukuri nikmat yang sudah diberikan,sehingga bernilai ibadah semuanya,dan agar diberi nikmat pada apa yang belum kita ketahui,pada yang akan menimpa kita dalam kelanjutan menjalani kehidupan.
"Tidak dapat menolak Qodho kecuali doa dan tidak dapat menambah umur kecuali kebaikan".
(Diriwayatkan dari Salman Al-Farizi )
Maka itu segala sesuatu memang sudah ditentukan dengan pasti tetapi tidak dalam kepastian'karena yang Kuasa memberikan pilihan pada manusia untuk merubah sebuah nasib/takdirnya dengan ikhtiar untuk lebih baiknya dalam menjalani hidupnya.
Dan amalkanlah sebuah doa dengan disertai tuntunan,dalam doa serta mengenai tentangnya'dan waktu-waktu saat terijabahnya,Insya Allah jadi doa yang diterima dan ter'ijabah'Amin.
Bacaan pembuka doa:
Tentunya mulailah dengan bacaan basmalah,hamdalah sebagai pujian pada yang Kuasa dan dengan memuji pujian lainya,lalu bersholawatlah sebagai pengharapan syafaat buat kita,karena kita tak'kan dapat petunjuk hidayah dalam memeluk Islam tanpa adanya'serta karena bumi dan segala isinya tercipta dari Nur'nya yaitu dari Nur'nya Nabi Muhamad Saw alam semesta ini diciptakan oleh Allah Swt.
Kemudian memintakan ampun diri,kedua orangtuanya,serta yang menjadi gurunya dalam hidup dan orang-orang yang bersangkutan pada dirinya dalam menjalani hidupnya tentunya yang seiman dan yang sekeyakinan.
Termasuk etika dalam doa juga agar banyaklah bersyukur,dengan memuji sebagai tanda syukur dan pengakuan seorang hamba,karena hakekat anugerah besar,hakekat rejeki besar adalah iman dalam islam yang selebihnya mengikuti,jadi banyak bersyukurlah dan banyak memujilah yang sebenarnya jadi hakekat doa yang baik dan ber'etika.
Dan sepatutnya dalam berdoa itu janganlah hanya mengeluh saja,karena jadi tanda sebagai bentuk kurang bersyukur dan kurang menerima'.
Lalu tutuplah doa dengan pujian,syukur serta bersholawat lagi juga,dan semoga semuanya dipanjatkan dalam keikhlasan,
(Untuk lebih rinci dan detailnya tentunya bisa dipelajari dalam bab khusus doa'agar lebih mengena dan tidak jadi amalan yang sia-sia)
Semoga jadi penyampaian yang bermanfaat,serta saling doa baik juga tentunya,dan semoga doa-doa kita kan selalu ter'ijabah oleh Allah Swt'Aamiin.

No comments: