MOTIVASI KEHIDUPAN

NUTRISI HIDUP
Jika makanan memberikan nutrisi tubuh,maka berdzikir memberikan nutrisi hati'dan motivasi memberi nutrisi potensi diri.
Semuanya perlu dilakukan berulangkali'agar tubuh selalu sehat,hati punya iman yang kuat'dan potensi diri berkembang sesuai dengan kemampuan.
Jadi motivasi kehidupan ibarat sebuah badan dengan keringatnya, yang perlu mandi atau dibersihkan berulangkali,baik pagi sore dsb,yang tidak cukup dilakukan satu kali,ibarat seseorang yang butuh makanan yang tidak cukup satu kali makan dalam hidupnya,perlu kerutinan untuk kebaikan buat kelangsungan hidupnya.
Dan seseorang perlu motivasi dalam hidup untuk semangat dalam menggapai impian dan cita-citanya dsb.
SUDAHKAH KITA BISA BAHAGIA DALAM APAPUN KEADAANYA(?)
Sudahkah kita merenungkan menyadari diri apa yang kita rasakan sekarang ini?apakah bahagia dalam bahagia yang diridhoi?apakah sengsara dalam perjuangan kehidupan?sedangkan seseorang yang selalu dalam keadaan iman yang sebenarnya tidak terhalang untuk merasakan suatu kebahagiaan dalam apapun keadaan'nya,dan itu termasuk ciri-ciri penghuni surga,karena sudah diberi kebahagiaan lahir bathin dimasa didunianya dengan tak mengenal apapun keadaanya untuk bisa merasakan suatu kebahagiaan'namun memang hanya orang yang istiqomah dalam hidupnyalah yang bisa merasakan,baik istiqomah dalam ibadahnya maupun istiqomah qona'ah dalam menjalani kehidupanya,dalam segi amalan dan perbuatanya juga.
MENGELUH
Sebenarnya keluhan memang ringan dicurahkan'namun terasa berat didengarkan,apalagi mengeluh kebutuhan pada sesamanya,yang sama saja merendahkan diri dan menampakan sikap kurang bersyukurnya pada yang Kuasa'sehingga mengurangi rasa nikmat lainya,dengan apa yang ada pada dirinya,dan setidaknya semoga kita bisa mengurangi keluhan'agar semoga meringankan diri dalam menjalani kehidupan ini.
MENGAMBIL PELAJARAN YANG POSITIF DALAM SEBUAH KENANGAN
Memang tak ada salah mengenang kenangan'tetapi setidaknya kenanglah sesuatu yang memotivasi serta memberikan energi positif dalam melangkah melanjutkan masadepan yang lebih baik,dari kenangan yang sudah jauh jadi masa lalu itu.
Karena mengenang kenangan yang mengangankan untuk bisa kembali pada masa itu,menandakan tidak bisa hidup lebik baik dimasa yang sedang dihadapinya.
Setidaknya masa yang berlalu dijadikan sesuatu yang paling jauh,karena tidak mungkin bisa kembali apalagi ditempuh.
Dan baiknya adalah masa ini harus bisa lebih bahagia dari masa lalu itu'sebagai bentuk keikhlasan dan kesiapan dalam menjalani kehidupan.
LEBIH BAIK MENGALAH
Mengalah berbeda dengan menyerah,mengalah bukan berarti kalah karena terkadang perlu dilakukan demi sebuah kepentingan kebaikan lainya.
Sebaliknya menyerah adalah bentuk kekalahan sebenarnya, dalam keputus'asaan pada sesuatu yang belum dicapai digapainya,pada keinginan cita-citanya dsb.
MENGUATKAN MENTAL
Kebiasaan yang muncul pada seseorang adalah rasa takutnya untuk maju,ketika mau melakukan sesuatu perubahan keinginan untuk lebih baiknya,baik dalam usaha dsb,dan itu jadi dinding penghalang mental yang harus dikalahkan diri sendiri,ketika akan melakukan perubahan untuk lebih baiknya dalam usaha dsb.
Maka itu perlu juga sih menguatkan mental dengan berusaha mencari dukungan,maupun bimbingan serta semangat dari orang-orang terdekat.
SEBAIKNYA SUATU RENCANA ITU DISUSUN/TERSUSUN
Terkadang seseorang bingung dengan suatu keadaan(?)padahal sudah terpikirkan semuanya sebelumnya'tapi dalam suatu keadaan bingung mau apakah(?)harus gimanakah(?)sebaiknya gimanakah(?)itu semua karena tidak disusun suatu rencana untuk diagenda'kan dalam menjalaninya berdasarkan urut-urutanya, sehingga ketika kesibukan tak terduga dsb'suatu rencana terpengaruh kebingungan dalam suatu keadaan.
Maka itu susunlah rencana dan agenda'kan apapun yang mau dilakukan baik kesibukan kerja,mau berbelanja dsb,agar ter'arah tersusun serta tidak bingung dan tidak pula lupa juga.
RENUNGKANLAH
Marilah merenung bersama,renungkanlah hanya dengan satu dosa nabi adam dikeluarkan dari surga'namun banyak orang menghendaki surga dengan segunung setumpuk dosa tanpa sungguh-sungguh bertobat nasuha.
SEMESTINYA MEMANG TAK PERLU LARUT DALAM KESEDIHAN
Tak perlu terlalu larut bersedih dalam menghadapi kehidupan'melainkan selalu berusahalah untuk bahagia dalam menghadapinya,sebagai bentuk istiqomah dan qonaahnya.
Tak perlu berkeluh kesah karena hidup adalah ujian dan cobaan, namun bukankah Allah selalu melihat dan menyaksikan serta akan memberi dua jalan keluar kemudahan dalam setiap satu kesulitan(?)
PENYIKAPAN MASALAH BESAR
Sebenaranya masalah jadi besar kecilnya tergantung dari penyikapanya,jadi besarnya masalah karena ketidaksiapan dalam menghadapinya dan penuh kecemasan dalam menyikapinya serta selalu menunda untuk menyelesaikanya.
PANUTAN
Padi semakin tua semakin berisi dan menundukan diri,semestinya manusia demikian semakin tua semakin bisa dijadikan panutan dalam ucapan dan perbuatan,serta tidak menyombongkan dirinya pada kelebihan ilmu yang dimiliki/diketahuinya'.
Demikianlah kajian motivasi kehidupan dalam penyampaian kesempatan kali ini.
Semoga jadi penyemangat kehidupan dari mungkin lain segi sisi masing-masing,yang mengerti dan memahaminya.
Kajian penyampaian motivasi kehidupan berikutnya Insya Allah akan disampaikan pada kelanjutanya'semoga jadi penyampaian yang bermanfaat'Aamiin. 

No comments: