SEKELUMIT TENTANG MAKNA BERJIHAD

BERUNTUNGLAH SESEORANG YANG SELALU BERJIHAD
Beruntung dan bersyukurlah seseorang yang selalu berusaha berjihad dalam hidupnya,karena menyadari dan tidak melupakan sesuatu yang diwajibkan pada dirinya dalam menjalankan kehidupan'dan ketika berusaha dalam menjalankan sesuatu yang diwajibkan hal tersebut juga termasuk suatu jihad juga,seperti semisal menuntut ilmu dan mencari nafkah buat dirinya maupun buat keluarganya dsb.
Jadi berjihad memang suatu kewajiban bagi setiap insan,yang jadi sebuah ibadah dalam mengusahakan sesuatu yang lebih baik,yang baik bagi dirinya maupun pada sesamanya tanpa mengenal suatu perbeda'anya.
JIHAD LUAS MAKNANYA
Jihad luas maknanya dan berjihad tidak identik dengan suatu kekerasan'melainkan menyebar syiarkan kedamaian,kerukunan dan untuk saling menjaga persatuan antar sesama,yang juga merupakan sebuah jihad'bukan memecah belah umat dan membuat risau huru hara didalamnya melainkan meredamkanya adalah sebuah jihad juga.
Mencari nafkah buat dirinya,keluarganya untuk memenuhi mencukupi suatu kebutuhanya juga merupakan jihad,mencari ilmu juga jihad,menyebarluaskan menyampaikan kebaikan juga jihad,membantu orang lain juga jihad,berjuang untuk membayar hutang juga jihad,berjuang berusaha berobat menyembuhkan penyakit yang dideritanya juga jihad,bersabar dalam suatu keadaan juga suatu jihad,jadi jihad tidak identik dengan kekerasan dalam perang dan jihad perang dilakukan ketika suatu keadaan dalam berperang,bukan mengadakan peperangan dalam suatu keadaan yang aman dan damai dan sangat tidak pas dilakukan dinegeri kita ini'sebab negeri kita adalah dalam keadaan yang tidak berperang melainkan dalam keadaan yang aman dan damai.
Jadi siapapun yang ingin berjihad perang tentunya tidak pas jika diterapkan dinegeri kita ini'sama saja sebaliknya bukan berjihad melainkan menentang buah jihad dari para pendahulu kita ini.
Ingatlah...!Kemerdekaan Indonesia adalah buah dari jihad para Auliya/Ulama,para pahlawan yang gagah berani rela menumpahkan darah untuk kemerdekaan tanah air tercinta ini.
Pancasila adalah buah ijtihad kajian para Auliya/Ulama juga.
UUD 1945 dirumuskan,diterapkan untuk landasan hukum negara yang juga buat kebaikan rakyat dan negara dalam mengolah kemerdekaanya,dan untuk menjaga keutuhan NKRI dari perpecahan dan untuk memperkuat persatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang merdeka dan berwibawa yang diakui dan berpengaruh didunia.
Jadi sepatutnya kita harus bersyukur dan mensyukuri keadaan kita sekarang ini,yang hidup dalam suasana kemerdekaan tanpa kita berjuang berjihad dalam perang untuk merebutnya.
Tugas jihad kita adalah mengisi kemerdekaan,sebagai warga negara yang baik dengan sebuah karya menurut bidang masing-masingnya.
Dan kita juga harus bersyukur bisa hidup dalam negara yang Insya Allah selalu tentram dan damai,jauh dari isu peperangan dan tidak terjadi perang dinegara tercinta kita ini'jika dibandingkan dengan beberapa negara lain yang saat ini dalam jihad untuk merebutkan kemerdekaanya.
Dan sepatutnya kita membantu dengan sebisa semampu kita'terutama doa baik untuk semoga jadi suatu kebaikan juga,serta tidak membuat onar maupun kegaduhan-kegaduhan lainya dsb.
Jadi intinya segala sesuatu itu jadi jihad juga ketika berusaha melakukanya sebaik mungkinya.
Semoga jadi penyampaian yang bermanfaat'Aamiin.

No comments: